| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Santo Petrus Damianus (1049): apa yang harus dilakukan Gereja dalam menanggapi homoseksualitas yang merajalela di kalangan imam ?

29 Juni 2015 (LifeSiteNews) - Maraknya kekuatan dan pengaruh para imam homoseksual, uskup dan kardinal, sebagaimana awam juga terpengaruh, telah menjadi faktor utama dalam menumbuhkan kekacauan dalam iman Katolik selama 60 tahun terakhir. Gangguan ini dalam Gereja Katolik telah memiliki dampak negatif di seluruh dunia karena penurunan jumlah pengaruh positif yang dihasilkan umat yang beriman Katolik selama berabad-abad.
Untuk berpikir bahwa apa yang terjadi sekarang ini adalah sesuatu yang baru terjadi, bagaimanapun, mengkhianati akan ketidaktahuan dari sejarah. Pada tahun 1049, ketika Santo Petrus Damianus menulis risalah, Kitab Gomora (Liber Gomorrhianus), kepada Paus Leo IX, homoseksualitas dan penyimpangan seksual pada umumnya jauh lebih terbuka merajalela dalam kalangan imam daripada sekarang. Kasus yang menghebohkan ini adalah apa yang dibahas Santo Petrus Damianus dalam memohon kepada Paus untuk segera mereformasi sangat dibutuhkan.

Kita sering mengantuk tapi mendengar, merasa nyaman, namun pengecut, penakut atau menjadi suatu kebiasaan seorang Katolik, dan terutama dari imam yang secara langsung terlibat dalam homoseksualitas, bahwa kita tidak boleh mengkritik para Imam, Uskup dan terutama Paus. Semestinya, hal itu lebih besar dosanya dibanding bidah dan penyimpangan seksual memfasilitasi penderitaan pribadi yang besar dan mengirim jiwa ke neraka tanpa ada yang melakukan apa yang diperlukan baik untuk mengubah atau menghentikan mereka.

Santo Petrus Damianus tidak begitu tolol untuk mendengarkan omong kosong seperti menyangkal Tuhan, keadilan-Nya pada saat ketika Gereja muncul berada di dalam pergolakan kematiannya. Dia memahami tugas berat untuk menjadi semakin tumpul karena bahaya dan dosa, tidak mengurangi bencana yang akan datang jika tindakan yang kuat tidak cepat diambil dan menuntut tindakan korektif. Namun, ia juga menekankan bahwa semua ini harus dilakukan dengan kasih dan harapan sebagai orang Kristen bagi orang-orang yang terlibat dalam korupsi moral. Perubahan mereka adalah di atas semua yang diharapkan dan berdoa untuk lebih baik daripada pengecaman pada mereka untuk selamanya.
  
Versi terjemahan Italia dari Kitab Gomora baru-baru ini diterbitkan. Versi bahasa Inggris dengan hati-hati diterjemahkan oleh salah satu wartawan LifeSite kami juga akan segera tersedia.

Pada tanggal 11 Februari tahun ini website Rorate Caeli menerbitkan kutipan dari pendahuluan oleh Profesor Roberto de Mattei untuk versi Italia.
  
Berikut ini adalah beberapa paragraf dari pendahuluan yang saya harapkan akan membangkitkan beberapa orang beriman, terutama mengingat apa yang terjadi sekarang di Amerika Serikat sebagai akibat dari keputusan yang gila dari Mahkamah Agung dan kekacauan moral sekitar Sinode keluarga tentang ajaran seksual menurut Gereja.
  
Kutipan Pendahuluan:
  
Santo Petrus Damianus (1007-1072) Kepala Biara Avellana Biara Fonte dan kemudian Kardinal / Uskup Ostia, adalah salah satu tokoh yang paling menonjol dari reformasi Katolik di abad XI. Kitab Gomoranya “Liber Gomorrhianus”, muncul sekitar 1049, di zaman ketika korupsi moral menyebar luas, bahkan di jajaran tertinggi dunia gerejawi.
   
Dalam tulisan ini, ditujukan kepada Paus Leo IX, Petrus Damianus mengutuk kebiasaan menyimpang pada waktu itu dalam bahasa yang tidak paham belas kasihan palsu atau kompromi. Dia yakin bahwa semua dosa, paling berat adalah sodomi, istilah yang mencakup semua tindakan terhadap alam dan yang ingin memuaskan kesenangan seksual dengan memisahkannya dari prokreasi. "Jika yang benar-benar mewakili sesuatu yang memalukan dan keji ini tidak segera dihentikan dengan tangan besi - ia menulis - pedang dari kemurkaan Ilahi akan jatuh atas kita, membawa kehancuran bagi banyak orang."

Ada saat-saat dalam sejarah (Gereja) ketika kesucian menjalar kepadanya dan kepada orang lain ketika anggota-anggotanya mengalami pembelotan…..menyeba­bkan mereka runtuh ke dalam kegelapan, muncul hampir seolah-olah keilahian telah ditinggalkannya.

Suara Petrus Damianus bergema hari ini, seperti yang terjadi kemarin, dengan dorongan dan kenyamanan bagi mereka, seperti dia, yang telah berjuang, menderita, menangis dan berharap, sepanjang perjalanan sejarah.

Dia tidak sedang membahasakannya, tapi menyimpannya dengan berapi-api untuk menunjukkan kemarahan-Nya. Dia takut dalam menyuarakan kebencian tanpa kompromi untuk dosa dan justru kebencian ini yang diberikan untuk membakar cintanya bagi kebenaran dan kebaikan.
  
Hari ini, pada awal milenium ketiga dari kelahiran Kristus, para imam, para uskup dan konferensi para uskup Kristus yang berargumen untuk imam yang menikah; mereka menempatkan dalam kebimbangan yang tidak terceraikan dari ikatan perkawinan antara pria dan wanita dan pada saat yang sama, menerima pengenalan hukum untuk homoseksual pseudo-perkawinan. Sodomi tidak sedang dianggap sebagai dosa yang benar-benar menyedihkan bagi Tuhan tetapi malah menyebar di seminari-seminari, perguruan tinggi, universitas gerejawi dan bahkan dalam tembok suci Vatikan itu sendiri.
  
Kitab Gomora “Liber Gomorrhianus” mengingatkan kita bahwa ada sesuatu yang lebih buruk dari moral yang mewakili praktek dan teori. Ini adalah pendiaman yang harus dikatakan, yang abstain yang harus campur tangan, ikatan keterlibatan yang ditetapkan di antara orang-orang jahat dan yang lain, yang dengan dalih menghindari skandal dengan diam, dan, dengan menjadi bungkam , yang merupakan persetujuan.

Gravel still, adalah penerimaan homoseksualitas oleh gereja, pemikiran sebagai ketegangan "positif" terhadap kebaikan, layak bagi pelayanan pastoral dan perlindungan hukum dan bukan sebagai dosa yang keji. Dalam ringkasan Relatio post disceptationem pada minggu pertama hari kerja dalam Sinode Para Uskup pada bulan Oktober 2014, dalam suatu paragraf menegaskan bahwa: "orang homoseksual memiliki hadiah dan kualitas untuk menawarkan komunitas Kristen", bersama undangan untuk para Uskup "... apakah kita mampu menyambut orang-orang ini, menjamin ruang persaudaraan mereka di komunitas kita? "

Pernyataan skandal ini telah dihapus dari laporan akhir, tetapi beberapa uskup dan kardinal, di dalam dan di luar ruang Sinode , bersikeras memohon untuk mencari aspek-aspek positif dari kesatuan melawan kodrat alami, sejauh harapan bagi "cara untuk menggambarkan hak-hak orang yang tinggal dalam kesatuan sesama jenis. "
  
Santo Petrus Damianus sebagai seorang biarawan yang sederhana, dan dengan alasan yang lebih besar sebagai kardinal, tidak ragu-ragu dalam menuduh bahkan kepada Paus waktu itu untuk kelalaian tentang skandal mereka. Akankah dengan membaca Kitab Gomora “Liber Gomorrhianus” menanamkan semangat Santo Petrus Damianus di hati beberapa waligereja atau umat awam, dengan gemetar keluar dari mati suri mereka dan memaksa mereka untuk berbicara dan bertindak? Bahkan jika semakin kacau menjauh dari kesucian dan semangat kenabian Santo Petrus Damianus, mari kita membuat kejengkelan-nya melawan kejahatan, kita, dan dengan kata-kata yang menyimpulkan risalahnya, kita mengalihkan ke wakil Kristus, Yang Mulia, Paus Fransiskus, saat menjabat , sehingga beliau mungkin ikut campur dan mengakhiri skandal doktrin dan moral ini: "Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membantu kita, Bapa Suci, sehingga pada masa Kerasulannya, semua keburukan yang mewakil ini dihancurkan dan kesatuan Gereja, yang saat ini terpuruk, seluruhnya akan bangkit lagi dengan semua kekuatannya. "

diterjemahkan oleh: AG

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy