| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Paus Fransiskus ingin kepala liturgi Vatikan untuk melanjutkan pekerjaan dari Paus Benediktus XVI

Vatican City, Jun 3, 2015 / 13:33 (CNA / EWTN News) .- Kardinal Robert Sarah, pimpinan Kongregasi untuk Ibadat Ilahi, terungkap dalam surat yang dikirim ke sebuah konferensi liturgi minggu ini bahwa ketika ia ditunjuk sesuai dengan posisinya, Paus Fransiskus menunjukkan keinginan untuk melanjutkan pekerjaan liturgi yang dahulu dilakukan oleh pendahulunya sebagai Uskup Roma.

"Ketika Bapa Suci, Paus Fransiskus, meminta saya untuk menerima pelayanan dari Pimpinan Kongregasi untuk Ibadat Ilahi dan Disiplin Sakramen, saya bertanya: 'Bapa Suci, bagaimana Anda ingin aku melakukan pelayanan ini? Apa yang ingin Bapa Suci lakukan pada saya sebagai Pimpinan Kongregasi ini? 'Bapa Suci menjawab dengan jelas. "Saya ingin anda terus melaksanakan pembaruan liturgi Konsili Vatikan II," katanya, "dan saya ingin Anda untuk terus bekerja dengan baik dalam liturgi dimulai oleh Paus Benediktus XVI, '" Kardinal Sarah menulis dalam suratnya kepada Konferensi Liturgi Suci, yang dipublikasikan tanggal 2 Juni.

"Sahabat-sahabatku ," kardinal menulis, "Saya ingin Anda untuk membantu saya dalam tugas ini."

Konferensi Liturgi Suci diadakan setiap tahun, dan membahas pentingnya pembentukan liturgi dalam Gereja. Ini adalah penyokong dari evangelisasi /pewartaan Injil yang baru, dan mendukung katekese/pengajaran liturgi yang setia.

Kardinal Sarah, yang diangkat sebagai kepala CDW pada bulan November 2014, meminta agar Liturgi Suci "terus bekerja untuk mencapai tujuan liturgi Konsili Vatikan II dan bekerja untuk melanjutkan pembaruan liturgi dipromosikan oleh Paus Benediktus XVI."

Ia mencontohkan khususnya himbauan Bapa Paus emeritus nasihat apostolik tentang Sacramentum Caritatis, dalam Ekaristi, dan motu proprio nya Summorum Pontificum, yang membuatnya lebih mudah pada semua imam untuk merayakan liturgi seperti yang telah dilakukan sebelum Konsili Vatikan II.

"Agar meminta Anda untuk menjadi bijaksana, seperti pemilik rumah dalam Injil Matius, yang tahu kapan untuk membawa keluar harta benda baik yang baru dan yang lama, sehingga Liturgi Suci seperti yang dirayakan dan hidup hingga hari ini, tidak menghilangkan apapun dari kekayaan tradisi liturgi Gereja yang patut dihargai, sementara selalu bersikap terbuka terhadap perkembangan yang sah. "
  
Kardinal telah mencatat sebelumnya dalam suratnya bahwa "kita harus melakukan segala hal yang kita bisa untuk menempatkan Liturgi Suci kembali ke jalur hubungan antara Allah dan manusia," menyebut liturgi "merupakan bentuk istimewa dan unik di mana kita ... berjumpa dengan Allah di dalam perkejaan/aktifitas kita di dunia "

Kardinal Sarah menyatakan bahwa konferensi Sacra Liturgia, yang berlangsung dari tanggal 1-4 Juni, memiliki cukup waktu untuk mempertimbangkan bagaimana kedua-duanya mempertahankan tradisi dan terbuka untuk perkembangan yang sah, dan kemudian menyarankan "dua pendapat kritis di mana pembaruan liturgi yang otentik dalam abad dua puluh satu dapat ditindaklanjuti ": dengan memperjelas bahwa liturgi adalah penyembahan pada Allah, dan dengan mempromosikan" bentuk/formasi liturgi yang mesti disuarakan ".

Dia mendesak bahwa kita "tidak pernah meremehkan" pentingnya liturgi sebagai penyembahan Allah, menambahkan bahwa "liturgi bukanlah suatu acara sosial atau semacam pertemuan biasa ... dimana yang penting adalah bahwa kita mengungkapkan identitas kita. Tidak seperti itu: Tapi Tuhanlah yang utama ".

Mengingat bahwa liturgi "diberikan kepada kita dalam tradisi," ia menambahkan bahwa "hal ini bukan untuk kita untuk membuat beberapa ritual yang kita rayakan atau mengubah tradisi yang sesuai dengan diri kita sendiri ... di luar pilihan yang sah yang diijinkan oleh gereja."

"Itulah sebabnya kita harus merayakan Liturgi Suci dengan setia, dengan perasaan hormat dan kekaguman seperti yang saya katakan sebelumnya."
   
Beralih ke pentingnya bentuk liturgi yang mesti disuarakan, Kardinal Sarah menyebutkan teks Sacrosanctum Concilium, Konstitusi Vatikan II tentang liturgi, dan mengatakan bahwa "kita tidak bisa benar-benar berpartisipasi dalam Liturgi Suci, kita tidak bisa minum dengan secara mendalam dari sumber kehidupan Kristen, jika kita belum dibentuk dalam semangat dan kekuatan liturgi ... Saya berharap dan saya berdoa bahwa inisiatif yang berbeda dari Liturgia suci dapat berbuat banyak untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan penting ini. "

Selain membuat empat referensi pada tulisan dari Sacrosanctum Concilium, surat Kardinal Sarah juga menyebutkan dua kali tentang tulisan-tulisan sebelum menjadi Paus dari Paus Benediktus XVI, mengutip dari kumpulan pekerjaannya : The Theology of the Liturgy and The Spirit of the Liturgy (Teologi Liturgi dan Semangat Liturgi).

Konferensi Liturgi Suci diluncurkan di Roma pada tahun 2013, dan memiliki tempat yang berbeda setiap tahun - 2016 konferensi akan diselenggarakan di London. Konferensi ini meliputi presentasi makalah akademis seperti perayaan Misa dan Misa malam hari, baik bentuk biasa dan luar biasa dari ritus Romawi.

2015 konferensi mencakup pidato pembukaan oleh Kardinal Raymond Burke, dan presentasi tentang pentingnya keindahan dalam liturgi. Pembicara lain termasuk Uskup Agung Salvatore Cordileone, Dr. Lauren Pristas, Dr. Jennifer Donelson, Fr. Alcuin Reid, dan Fr. Phillip Anderson, OSB.
 
 
diterjemahkan oleh: AG / Renungan Pagi
 
Sumber berita: 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy