| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Pertemuan Keempat Adven Keuskupan Agung Semarang 2012: MEWUJUDKAN IMAN

Pertemuan Keempat

MEWUJUDKAN IMAN

Tujuan:

Menyadari kembali bahwa iman senantiasa harus diwujudkan melalui kesaksian dan laku hidup, yang memancarkan sabda kebenaran sesuai dengan iman yang dirayakan serta kedalaman iman yang dihayati.

1. Lagu Pembuka

2. Tanda Salib dilanjutkan Doa Pembuka

3. Pengantar

Kita sebagai umat Kristiani menyadari, bahwa iman yang dewasa adalah iman yang "terlibat" atau bisa dikatakan sebagai iman yang terwujud dalam laku kehidupan. Perwujudan iman bukanlah urusan pribadi saja, akan tetapi juga kesaksian hidup secara nyata bahwa kita telah diselamatkan. Prinsipnya, iman tidak hanya sekedar di bibir saja, tetapi harus bisa merasuki seluruh sendi-sendi kehidupan kita, terutama terlibat dalam kehidupan bermasyarakat. Pada pertemuan sebelumnya, kita diajak menyadari bahwa perayaan iman, yang terpuncak dalam Ekaristi merupakan sumber kehidupan beriman kita. Bagaimana perayaan iman menjadi bagian dari keselamatan Kristus benar-benar hadir dan menghantar kita untuk semakin terjun dalam hidup bermasyarakat. Maka dalam pertemuan keempat ini, kita diajak mewujudkan iman kita. Perwujudan iman hendaknya kita sadari, sebagai laku nyata akan pengakuan Kristus sebagai sumber iman dan buah dari perayaan-perayaan iman yang semakin diwujudkan dalam kehidupan nyata. Iman dihidupi dan akhirnya diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari di tengah keluarga dan masyarakat.

4. Ritus Penyalaan Lilin Korona Adven

Bacaan: Luk 10:25-28

5. Inspirasi dan Permenungan

Mengasihi Tuhan dan sesama dengan totalitas hidup

Membaca kembali Luk 10:25-28, kita diajak untuk mengasihi Tuhan dan sesama dengan totalitas hidup kita. Kita diajak menyadari bahwa iman membutuhkan totalitas yang mendalam. Iman dimulai dari memikirkannya dengan sungguh-sungguh, didalami, mencari tahu, mempelajari hingga dengan "segenap jiwa", artinya tidak berpura-pura, di luar tampaknya penuh perhatian tapi di dalamnya tak peduli. Iman yang diharapkan dalam bacaan di atas, adalah iman yang bisa dikatakan sebagai iman yang "berintegritas". Iman yang tak hanya menyangkut hubungannya dengan Allah, melainkan juga dengan sesama manusia. Mengasihi Tuhan itu sama dengan menjadi manusia yang semakin utuh. Jadi iman itu mencerminkan juga solidaritas bagi sesama. Artinya, iman harus tampak dalam wujudnya yang paling nyata, dalam laku hidup dan tindak tanduk keseharian.

Kita menyadari, di lain pihak, banyak orang katolik yang kelihatan khusuk beribadat di gereja, akan tetapi, di lain pihak, mereka juga bersemangat menjalankan bisnis-bisnis kotor, meraup untung sebanyak-banyaknya bahkan dengan praktek korupsi. Tidak hanya itu, banyak juga yang masih hidup dalam perselingkuhan, pergaulan dan hiburan yang tidak sehat, melakukan peminjaman uang dengan bunga yang mencekik, dan lain sebagainya. Kita perlu menengok kembali, sering kali, benar seperti apa yang pernah dikatakan oleh Charlie Douglas dalam artikelnya di "Moral Hazards in the Marketplace". Mungkin yang menjadi masalah saat ini adalah demarkasi (pemisahan) antara yang dianggap sakral dan sekuler. Pembicaraan soal cinta dan iman hanya ketika di gereja pada hari Minggu, sementara di tempat kerja masing-masing, orang dituntut fokus kepada kepentingan diri sendiri dan keunggulan kompetitif dalam bertahan hidup. Hal inilah yang kadang menjadi permenungan bagi kita. Sejauh inikah iman yang kita akui dan rayakan? Kurang menunjukkan laku dalam hidup senyatanya. Iman yang kita akui, rayakan hanya sebatas lip service, sebatas pengakuan, tanpa ada kenyataan yang diwujudkan, atau sering dikatakan "gajah diblangkoni, iso kojah ora iso nglakoni."

Pertanyaannya, apakah iman kita, tampak kelihatannya seperti pohon yang rindang namun tidak berbuah. Di sana hanya kelihatan sejuknya, rindangnya, gagahnya, tapi belum bisa dinikmati buahnya. Maka seperti halnya iman, selain menjadi subur iman harus nyata dalam perbuatan supaya buah rahmat itu membuat semakin banyak orang mengenal Kristus, seperti yang dikatakan dalam Yak 2:26, "sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan adalah mati".

6. Refleksi dan Sharing Pengalaman

Iman yang kita yakini, haruslah senantiasa mendampingi dan membuat membuat diri kita menjadi tanda kehadiran Tuhan, sehingga dengan menghidupinya secara mendalam, iman mampu memberikan kesaksian bagi sesama.

Ketika kita dibaptis dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, berarti kita mengimani Yesus Kristus dan menjadi Katolik, artinya kita telah memulai suatu perjalanan yang akan berlangsung seumur hidup kita (Kis 14:27). Ini artinya, melalui baptisan kita telah disatukan dengan Yesus Kristus sepanjang hidup kita. Kita masuk dalam persekutuan hidup dengan Allah dan Gereja-Nya. Melalui baptisan ini pula, kita disatukan dengan kumpulan orang-orang yang beriman di dalam Kristus.

Hidup dalam Kristus membawa konsekuensi yang tidak ringan. Kita harus bisa menanggalkan manusia lama kita dan menjadi pribadi yang baru, pribadi yang telah ditebus oleh Kristus. Kita diajak untuk melakukan pembaruan melalui kesaksian hidup yang diberikan sebagai anggota umat beriman. Kita dipanggil untuk memancarkan sabda kebenaran yang diwariskan Kristus. Maka melalui masa Adven sebagai bagian dari Tahun Iman ini, kita diajak masuk dalam pertobatan untuk semakin mengimani Kristus.

Hidup baru bersama Kristus mendorong setiap orang yang percaya semkin dikuasai oleh kasih Kristus. "Kasih Kristus menguasai kita" (2Kor 15:14). Kasih Kristus inilah yang memenuhi hati dan mendorong kita untuk semakin membagikannya dalam keluarga, Gereja dan masyarakat (bdk. mat 28:16). Iamn tanpa kasih tidak akan menghasilkan buah, sedangkan kasih tanpa iman hanya akan merupakan suatu perasaan yang senantiasa bimbang. Iman dan kasih saling melengkapi satu sama lain. Iman yang kita yakini, senantiasa mendampingi dan membuat diri kita menjadi tanda kehadiran Tuhan, sehingga dengan menghidupinya secara mendalam, iman mampu memberikan kesaksian bagi sesama.

7. Doa Umat dan Doa Penutup

8. Lagu Penutup

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy