| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 22 Juli 2012 Hari Minggu Biasa XVI/B

Minggu, 22 Juli 2012
Hari Minggu Biasa XVI/B

Paus dalam menjalankan tugas Gembala tertinggi Gereja, selalu terikat dalam persekutuan dengan Uskup-uskup lainnya, bahkan juga dengan seluruh Gereja; tetapi ia mempunyai hak untuk menentukan cara, baik personal maupun kolegial, pelaksanaan jabatan itu, sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan Gereja. ---- KHK#333 § 2


Antifon Pembuka (Mzm 54:6.8)


Sesungguhnya, Allah adalah penolongku;

Tuhanlah yang menopang aku.
Dengan rela aku mempersembahkan korban kepada-Mu,
bersyukur sebab nama-Mu baik, ya Tuhan.

Doa Pagi


Ya Allah, melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, Engkau telah menggembalakan kami, kawanan-Mu. Semoga, kami hidup sebagai kawanan yang selalu bersatu dan tekun mendengarkan Sabda Putra-Mu serta melaksanakannya dalam hidup kami sehari-hari. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.


Bacaan dari Kitab Yeremia (23:1-6)


"Aku akan mengumpulkan sisa-sisa kambing domba-Ku, dan Aku akan mengangkat gembala-gembala atas mereka."


Beginilah firman Tuhan, "Celakalah para gembala yang membiarkan kambing domba gembalaan-Ku hilang dan terserak!" Sebab itu beginilah firman Tuhan, Allah Israel, terhadap para gembala yang menggembalakan bangsaku, "Kamu telah membiarkan kambing domba-Ku terserak dan tercerai-berai; kamu tidak menjaganya. Maka ketahuilah, Aku akan membalas kepadamu perbuatan-perbuatanmu yang jahat, demikianlah firman Tuhan. Aku sendiri akan mengumpulkan sisa-sisa kambing domba-Ku dari segala negeri ke mana Aku mencerai-beraikan mereka, dan Aku akan membawa mereka kembali ke padang mereka; mereka akan berkembang biak dan bertambah banyak. Aku akan mengangkat atas mereka gembala-gembala yang akan menggembalakan mereka, sehingga mereka tidak takut lagi, tidak terkejut dan tidak hilang seekor pun, demikianlah firman Tuhan. Sungguh, waktunya akan datang, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas Adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri. Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram; dan inilah nama yang diberikan orang kepadanya: Tuhan -- keadilan Kita.
Demikianlah sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = d, 3/2, 2/4, PS 849

Ref. Tuhanlah gembalaku, takkan kekurangan aku.
Ayat. (Mzm 23:1-3a.3b-4.5.6, Ul: lih. 1)

1. Tuhan adalah gembalaku, aku tidak kekurangan: 'ku dibaringkan-Nya di rumput yang hijau, di dekat air yang tenang. 'Ku dituntun-Nya di jalan yang lurus demi nama-Nya yang kudus.
2. Sekalipun aku harus berjalan berjalan di lembah yang kelam, aku tidak takut akan bahaya, sebab Engkau besertaku; sungguh tongkat penggembalaan-Mu, itulah yang menghibur aku.
3. Kau siapkan hidangan bagiku dihadapan lawanku, Kauurapi kepalaku dengan minyak, dan pialaku melimpah.
4. Kerelaan yang dari Tuhan dan kemurahan ilahi, mengiringi langkahku selalu, sepanjang umur hidupku, aku akan diam di rumah Tuhan, sekarang dan senantiasa.

Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada umat di Efesus (2:13-18)


"Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak."

Saudara-saudara, di dalam Kristus Yesus kamu yang dahulu 'jauh' sekarang sudah menjadi 'dekat' oleh darah Kristus. Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak, dan yang telah merobohkan tembok pemisah, yaitu permusuhan. Sebab dengan wafat-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya. Dengan demikian Ia mengadakan damai sejahtera. Dalam satu tubuh Ia memperdamaikan keduanya dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan permusuhan pada salib itu. Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang 'jauh' dan kepada mereka yang 'dekat'. Sebab oleh Dia kita, kedua pihak, beroleh jalan masuk kepada Bapa dalam satu Roh.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil, do = g, 2/4, PS 952

Ref. Alleluya, allleluya, alleluya
Ayat. (Yoh 10:27)
Sesudah ayat, Alleluya dilagukan dua kali.
Domba-domba-Ku mendengar suara-Ku. Aku mengenal mereka dan mereka mengikuti Aku.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (6:30-34)

"Mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala."

Sekali peristiwa Yesus mengutus murid-murid-Nya mewartakan Injil. Setelah menunaikan perutusannya, mereka kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan. Lalu Yesus berkata kepada mereka, "Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah sejenak!" Sebab memang begitu banyaknya orang datang dan pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat. Maka pergilah mereka mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi pada waktu mereka bertolak, banyak orang melihat, dan mereka mengetahui tujuannya. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu dan mereka malah mendahului Yesus dan murid-murid-Nya. Ketika mendarat, dan melihat jumlah orang yang begitu banyak, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.

Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Homili



MINGGU, 22 JULI 2012 – MINGGU BIASA XVI/B
Yer 23:1-6; Ef 2:13-38; Mrk 6:30-38
Bacaan-bacaan hari ini semakin memperteguh iman kita akan Tuhan yang penuh dan maha belas kasih. Bacaan pertama memaparkan kesaksian Yeremia akan belas kasih Allah kepada umat Israel dan Yehuda yang merupakan kawanan domba-Nya. Tuhan bersabda,
Aku sendiri akan mengumpulkan kambing domba-Ku dan Aku akan membawa mereka kembali ke padang mereka; mereka akan berkembang biak dan bertambah banyak. Aku akan mengangkat atas mereka gembala-gembala yang akan menggembalakan mereka, sehingga mereka tidak takut lagi, tidak terkejut dan tidak hilang seekor pun … “ (Yer 6:3-4).
Tuhan, Sang pemilik kawanan domba, yakni kita semua, senantiasa menjamin kehidupan kita. Ia mempersatukan kita, menjamin pertumbuhan dan perkembangan kita. Ia memberikan gembala-gembala yang baik dan menjamin keselamatan kita masing-masing sehingga pada saatnya kita dapat kembali ke rumah-Nya dengan selamat. Tak seorang pun luput dari pemeliharaan-Nya dan dibiarkan hilang binasa.
Dalam bacaan kedua, melalui suratnya kepada Jemaat Efesus, St. Paulus semakin menegaskan bahwa Tuhan itu sungguh maha belas kasih.
dalam Kristus Yesus kamu yang dahulu 'jauh' sekarang sudah menjadi 'dekat' oleh darah Kristus. Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak, dan yang telah merobohkan tembok pemisah, yaitu permusuhan. Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang 'jauh' dan kepada mereka yang 'dekat'. Sebab oleh Dia kita, kedua pihak, beroleh jalan masuk kepada Bapa dalam satu Roh” (Ef 2:13-18)
Belas kasih Allah itu mencapai puncak dan kepenuhannya dalam diri Yesus Kristus, Putera-Nya, yang rela menumpahkan darah-Nya di salib. Pengorbanan Kristus itulah yang memperdamaikan kembali kita dengan Allah yang telah kita rusak dengan dosa-dosa kita. Dengan pendamaian itu, maka kita yang telah menjauhi Allah, kini didekatkan kembali. Yesus menjadi bagi kita jalan masuk untuk mendekatkan diri kepada Allah sampai akhirnya nanti masuk ke rumah-Nya yang abadi.
Kehadiran Yesus yang hati-Nya selalu penuh dan digerakkan oleh belas kasih inilah yang juga merupakan warta gembira Injil hari ini.
Yesus berkata kepada mereka, Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah sejenak! Tetapi pada waktu mereka bertolak, banyak orang melihat, dan mereka mengetahui tujuannya. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu dan mereka malah mendahului Yesus dan murid-murid-Nya. Ketika mendarat, dan melihat jumlah orang yang begitu banyak, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.” (Mrk 6:30-34)
Kendati Yesus merasa lelah, haus, dan lapar, hati-Nya yang penuh belas kasih, tidak tega melihat kehausan orang banyak yang ingin mendengarkan sabda dan pengajaran-Nya. Maka, mulailah Ia mengajarkan banyak hak kepada mereka. Yesus mengurungkan niatnya untuk berisitarahat sejenak.
Setelah iman kita akan Allah yang penuh dan maha belas kasih diteguhkan, sekarang bagaimana kita sebaiknya menghayati iman kita itu?
Pertama-tama, tentu saja kita diajak untuk selalu mensyukuri belas kasih Allah yang senantiasa dianugerahkan kepada kita. Bahkan Ia tidak ngeman (menyayangkan) Putera-Nya sendiri demi keselamatan kita. Betapa luar biasanya Allah kita ini. Mari kita selalu memuji nama-Nya dan bersyukur kepada-Nya. Seperti para murid, yang “setelah menunaikan tugas perutusannya, mereka kembali berkumpul dengan Yesus” (Mrk 6:30), marilah di tengah kesibukan tugas dan pekerjaan kita, kita juga selalu kembali berkumpul dengan Tuhan. Luangkan waktu untuk berdoa, memuji kebesaran-Nya, bersyukur atas segala rahmat-Nya, dan memohon berkat-Nya agar kita dapat setia serta penuh tanggung jawab melaksanakan tugas perutusan kita masing-masing.
Kedua, mari kita juga belajar dari orang banyak yang antusias untuk mencari dan menemukan Yesus, kemudian mengikuti-Nya dan tinggal bersama-Nya sehingga dapat selalu mendengarkan sabda dan pengajaran-Nya. Kalau kita selalu mempunyai antusiasme iman, yaitu iman yang selalu mencari dan menemukan serta mengikuti dan mendegarkan Tuhan, percayalah Tuhan akan selalu tergerak hati-Nya oleh belas kasih kepada kita. Dengan demikian, kita akan senantiasa mengalami belaskasih-Nya.
Ketiga, mari kita juga belajar dari Yesus yang hati-Nya selalu tergerak oleh belas kasihan. Karena kita telah mengalami belas kasih-Nya, kita pun diajak untuk menghadirkan belas kasih Tuhan itu kepada sesama. Hal ini tentu saja menuntut pengorbanan seperti Yesus. Ia mengorbankan kenyamanan-Nya dengan tidak peduli akan rasa lelah, lapar dan haus yang dialami-Nya, bahkan rela mengorbankan diri-Nya di kayu salib. Maka, kalau kita ingin sungguh-sungguh berbelas kasih kepada sesama, tentu kita juga harus berani berkorban. Mengorbankan waktu, tenaga, pemikiran, dana, dll demi terlaksananya tugas dan karya pelayanan kita dan demi terpenuhinya kebutuhan orang-orang yang kita layani.
Semoga Tuhan senantiasa melimpahkan berkat-Nya kepada kita sehingga kita semakin mampu mensyukuri belas kasih-Nya, semakin antusias dalam beriman, dan semakin berkobar dalam menghadirkan belas kasih Allah kepada sesama.

Rm. Ag. Agus Widodo, Pr

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy