| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Pengantar Pendalaman Pertemuan Prapaskah Lingkungan Keuskupan Agung Semarang 2011


APP KAS 2011
INILAH ORANG KATOLIK SEJATI

Pengantar


Ungkapan “Inilah Orang Katolik Sejati” menghubungkan kita dengan kata-kata Yesus tentang Natanael "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" (Yoh. 1:47). Sabda Tuhan Yesus itu memberi inspirasi bagi kita untuk mengisi dan menghayati masa Prapaskah 2011 ini dengan gerakan Aksi Puasa Pembangunan. Sabda Tuhan Yesus tentang Natanael itu juga memberi inspirasi untuk merangkum gambaran cita-cita Umat Allah Keuskupan Agung Semarang yang tersurat dalam ARAH DASAR UMAT ALLAH KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG 2011-2015.

Kita tahu bahwa mulai tahun 2011 ini Umat KAS memasuki periode ARDAS 5 tahunan yang baru (selain kita juga mempunyai Uskp yang baru). Syukur pada Allah! Peristiwa Gerejawi untuk mengawali pelaksanaan ARDAS KAS pada tahun ini adalah masa Prapaskah atau masa Aksi Puasa Pembangunan (APP). Adapun tema Aksi Puasa Pembangunan Keuskupan Agung Semarang tahun 2011 ini adalah :
INILAH ORANG KATOLIK SEJATI !

Tema APP KAS 2011 tidak meninggalkan apa yang menjadi keprihatinan nasional yang dirumuskan dalam gagasan dasar gerakan APP Nasional dengan tema “KESEJATIAN HIDUP DALAM PERWUJUDAN DIRI”. Sebab dengan tema “Inilah Orang Katolik Sejati”, kita pun hendak mewujudkan diri kita menuju kesejatian hidup; dan kesejatian hidup kita adalah sebagai orang katolik sesuai dengan cita-cita Arah Dasar Umat Allah KAS. Proses menuju kesejatian itu kita jalani dalam proses dan gerakan pertobatan selama masa Prapaskah 2011 ini.

Kita berharap semoga dengan ARAH DASAR UMAT ALLAH KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG yang baru, serta dengan Penggembala Keuskupan yang baru, kita mampu mencapai cita-cita sebagai persekutuan paguyuban-paguyuban murid-murid Yesus yang sejati.


Selamat ber-APP – Berkah Dalem

Rm. A.G. Luhur Prihadi Pr
(Ketua Panitia APP KAS)


DOA ARAH DASAR UMAT ALLAH KAS 2011-2015

Allah Bapa yang Mahakuasa
kami bersyukur kepada-Mu atas penyertaan-Mu
dalam gerak langkah umat-Mu di Keuskupan Agung Semarang
untuk menghadirkan Kerajaan Allah secara lebih signifikan dan relevan
bagi Gereja dan masyarakat.

Utuslah Roh Kudus-Mu
agar dengan iman yang semakin mendalam dan tangguh
kami dapat berperan aktif dalam mengembangkan habitus baru
berdasarkan semangat Injil, di tengah masyarakat kami di Indonesia.

Dalam tata penggembalaan yang mencerdaskan dan memberdayakan,
serta memberikan peran pada berbagai karisma
semoga terciptalah pengembangan umat Allah,
yang memberi tempat bagi optimalisasi kaum awam,
yang mewujudkan iman secara berkesinambungan dan terpadu
yang memberdayakan kaum kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel,
dan yang semakin melestarikan keutuhan ciptaan-Mu.

Bersama Santa Maria, hamba Allah dan bunda Gereja
teladan kesetiaan dan kerendahan hati,
kami persembahkan doa, niat dan upaya kami kepada-Mu
melalui Yesus Kristus Putra-Mu,
Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

*0*

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy