| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Tema Adven 2009 Keuskupan Agung Jakarta: Bertumbuh Menjadi Pembawa Damai

Tema adven 2009 adalah BERTUMBUH MENJADI PEMBAWA DAMAI. Komisi kerasulan Kitab Suci KAJ telah menyusun buku ibadat Adven.
Rata PenuhTema Adven 2009,
Latar belakang tema adalah sebagai berikut :
  1. Menjadi pembawa damai untuk saat ini merupakan hal yang penting dan mendesak.
  2. Salah satu amanat Sabda Bahagia ialah menjadi pembawa damai.
  3. Natal merupakan perayaan syukur atas kelahiran Yesus, Sang Juru Selamat. Kehadiran-Nya mendatangkan damai bagi mereka yang berkehendak baik.
  4. Pembawa damai merupakan anugerah dari Tuhan sendiri.
  5. Kita semua sebagai murid Kristus mempunyai tugas yaitu membawa damai
Dalam ibadat lingkungan terdapat 4 sub.tema yaitu:
1. Berdamai dengan Allah
2. Menjadi pembawa damai dalam keluarga
3. Menjadi pembawa damai bagi sesama
4. Menjadi komunitas pembawa damai.


Dalam Ibadat Adven ini, hal yang perlu diperhatikan adalah lingkaran adven dan lilin adven. Dengan merayakan adven, Gereja menghadirkan harapannya akan kedatangan Sang Mesias. Persiapan yang terbaik dalam menyambut kedatangan Tuhan tentu saja persiapan rohani, yaitu dengan doa, puasa, dan pertobatan. Lingkaran adven yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan segar mengajak kita untuk merenungkan Kristus datang untuk memberi kehidupan baru bagi kita. Tiga batang lilin berwarna ungu melambangkan tobat, persiapan dan kurban; sebatang lilin berwarna merah muda yang dinyalakan pada Minggu Adven Ketiga (Minggu Gaudate) melambangkan sukacita karena persiapan kita sekarang sudah mendekati akhir. Lilin sendiri merupakan lambang Kristus yang datang ke dunia untuk menghalau kuasa gelap kejahatan.

Bagikan

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy