Ya, Melewatkan Misa Minggu (Tanpa Alasan yang Baik) Adalah Dosa Berat

Lawrence OP, Flickr, CC BY-NC-ND 2.0
Dari sekitar 68 juta orang yang mengidentifikasi sebagai Katolik di Amerika Serikat, hanya sekitar sepertiga yang menghadiri Misa pada akhir pekan yang diberikan. Ini jelas masalah besar!

Ini adalah masalah karena sejumlah alasan, paling tidak Misa itu merupakan sumber anugerah yang diperlukan bagi jiwa kita. Namun ada alasan serius lainnya yang menyebabkan banyak umat Katolik yang mengidentifikasikan diri mungkin tidak sepenuhnya memahami: 
   
Ya, Anda bukan hanya seorang Katolik yang buruk, Anda melakukan dosa yang perlu Anda akui dalam Rekonsiliasi demi jiwa Anda.

Misa bukan hanya hal yang baik untuk dilakukan jika Anda sangat religius atau "super Katolik"; alih-alih, itu adalah batu penjuru kehidupan Katolik yang otentik. Bahkan, dari lima perintah Gereja (apa yang Katekismus sebut sebagai "minimum yang diperlukan" untuk menjadi seorang Katolik), menghadiri Misa pada hari Minggu dan Hari Raya Wajib adalah yang pertama! Persyaratan ini juga dibuat eksplisit dalam Kitab Hukum Kanonik (KHK, 1247ff).

Tentu saja, seperti yang disebutkan di atas, bukanlah dosa untuk melewatkan Misa jika Anda memiliki alasan yang baik; misalnya, jika Anda sakit atau harus merawat orang lain. Jika Anda berada dalam situasi itu, ketahuilah bahwa Anda masih merupakan bagian integral dari Gereja, bahwa Gereja berdoa bagi Anda.

Bagaimana jika Anda adalah salah satu dari jutaan umat Katolik yang secara teratur melewatkan Misa tanpa alasan yang baik? Apa yang harus anda lakukan? Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah bahwa Gereja masih menginginkan Anda! Anda selalu bisa kembali - dan ini demi jiwa Anda.

Jika Anda siap untuk berkomitmen kembali ke kehidupan Katolik, termasuk kehadiran Misa mingguan, Anda harus pergi ke mengaku dosa untuk mendapatkan awal yang baru. Ingat, jika kita bertobat, Yesus selalu bersedia menerima kita kembali. Jadi kami mendorong semua umat Katolik: pergi ke Misa!