Seri Liturgi: TUHAN KRISTUS TUHAN


Syalom aleikhem.
Mari sedikit dalami isi doa Kyrie dalam Kurban Misa. Rumusan Kyrie begitu singkat. Seruannya sama: “kasihanilah kami”. Sapaannya tiga kali dengan dua kali sama: “Tuhan, Kristus, Tuhan”.

Siapa yang disapa dengan ketiganya? Kata “Tuhan” yang pertama mengacu pada Allah, Bapa yang mahakuasa, pencipta langit dan bumi. Kita mohon belas kasih kepada Allah karena kita telah berdosa. Dosa itu kecemaran, membuat kita tak bisa mendekati Allah. Kecemaran berlawanan dengan kekudusan Allah. Itulah mengapa dalam Perjanjian Lama, orang yang najis harus ditahirkan dulu. Kecemaran itu halangan mendekati Allah. Dalam Misa, kalau kita cemar, kita pun terhalang mendekati Allah. Hanya Allah yang bisa menghilangkan kecemaran kita dengan kuasa penebusan-Nya.

Kata “Kristus” jelas. Kristus artinya ‘mesias’ alias ‘yang terurapi’. Dengan itu, kita menyapa Yesus Sang Mesias, penebus kita, Firman Allah yang menjadi manusia. Kita mohon belas kasih-Nya sebab hanya oleh penebusan-Nya kita dibersihkan dari dosa. Dialah yang menghapus dosa dunia.

Kata “Tuhan” yang ketiga menunjuk pada Roh Kudus. Ini mengingatkan kita akan bunyi Kredo Panjang: “Ia Tuhan yang menghidupkan.” Jadi, dengan “Tuhan-Kristus-Tuhan” pada Kyrie, kita berseru kepada Sang Tritunggal Mahakudus, Allah kita. Amin.

Rev. D. Y. Istimoer Bayu Ajie
Katekis Daring