| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Jumat, 15 Agustus 2014 Hari Biasa Pekan XIX*

Jumat, 15 Agustus 2014
Hari Biasa Pekan XIX*
*Khusus Indonesia, di luar Indonesia menggunakan bacaan/liturgi Hari Raya SP. Maria Diangkat ke Surga  http://renunganpagi.blogspot.com/2014/08/minggujumat-1015-agustus-2014-hari-raya.html
  

Pembaptisan dengan air itu membasuh kita dari dosa-dosa kita. Pengurapan suci mencurahkan Roh Kudus kepada kita. (St. Pacianus)
  
 
Antifon Pembuka (Yes 12:4)

Bersyukurlah kepada Tuhan, panggillah nama-Nya, wartakanlah karya-Nya di antara para bangsa, masyhurkanlah bahwa nama-Nya tinggi luhur.

Doa Pagi


Allah Bapa yang mahapengasih, Engkau telah menciptakan manusia dan alam semesta dengan cinta kasih-Mu. Singkirkanlah ketegaran dan kesombongan kami agar benih-benih cinta kasih yang telah Kautanam dalam hati kami dapat berkembang dan berbuah. Dengan pengantaraan Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan dari Kitab Yehezkiel (16:59-63)
        
 
"Aku akan mengingat perjanjian-Ku dengan dikau, dan engkau akan merasa malu."
  
Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku akan melakukan kepadamu seperti engkau lakukan, yaitu engkau memandang ringan kepada sumpah dengan mengingkari perjanjian. Tetapi Aku akan mengingat perjanjian-Ku dengan engkau pada masa mudamu dan Aku akan meneguhkan bagimu perjanjian yang kekal. Barulah engkau teringat kepada kelakuanmu dan engkau merasa malu, pada waktu Aku mengambil kakak-kakakmu, baik yang tertua maupun yang termuda, dan memberikan mereka kepadamu menjadi anakmu, tetapi bukan berdasarkan engkau memegang perjanjian. Aku akan meneguhkan perjanjian-Ku dengan engkau, dan engkau akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, dan dengan itu engkau akan teringat-ingat yang dulu dan merasa malu, sehingga mulutmu terkatup sama sekali karena nodamu, waktu Aku mengadakan pendamaian bagimu karena segala perbuatanmu."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan do = c, 4/4, PS 864
Ref. Tuhan, Dikaulah sumber air hidup.
Ayat. (Yes 12:2-3.4bcd.5-6)
1. Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gemetar; sebab Tuhan Allah itu kekuatan dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.
2. "Bersyukurlah kepada Tuhan, panggillah nama-Nya, beritahukanlah karya-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah bahwa nama-Nya tinggi luhur.
3. Bermazmurlah bagi Tuhan, sebab mulialah karya-Nya; Baiklah hal ini diketahui di seluruh bumi! Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakuasa, Allah Israel, agung di tengah-tengahmu."

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. Sambutlah pewartaan ini sebagai sabda Allah, bukan sebagai perkataan manusia

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (19:3-12)
   
"Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kalian menceraikan isterimu, tetapi semula tidaklah demikian."
       
Pada suatu hari datanglah orang-orang Farisi kepada Yesus, untuk mencobai Dia. Mereka bertanya: "Apakah diperbolehkan orang menceraikan isterinya dengan alasan apa saja?" Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan? Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia." Kata mereka kepada-Nya: "Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan isterinya?" Kata Yesus kepada mereka: "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian. Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah." Murid-murid itu berkata kepada-Nya: "Jika demikian halnya hubungan antara suami dan isteri, lebih baik jangan kawin." Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu, hanya mereka yang dikaruniai saja. Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti."
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!
  
Renungan
   
Pepatah Inggris berbunyi, "Ketika setahun rasanya seperti anggur merah, namun ketika sudah sepuluh tahun rasanya seperti roti tawar murah." Artinya, ketika baru menikah suami isteri seperti anggur merah, yang rasanya manis dan memabukkan. Namun, setelah 10 tahun menikah menjadi seperti roti tawar murah, yang rasanya hambar. Pasangan suami isteri mulai bosan dan saling curiga. Lantas berkata, "Apa tidak lebih baik pernikahan ini dibubarkan saja?"

 Dalam Injil hari ini orang Farisi mencobai Yesus (Mat 19:3). Mereka punya alasan menceraikan, karena laki-laki tidak lagi menyukai perempuan pasangannya, sebab didapati pasangan bertindak tidak senonoh (Ul 24:1-4). Orang Farisi berpegang pada alasan itu, sehingga bagi mereka suami isteri dimungkinkan untuk bercerai. Bagaimana sikap Yesus? Dia berkata, "Karena ketegaran hatimu, Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu" (ay. 8).

 Maka, orang perlu kembali pada rencana Allah semula. Yesus menunjukkan bentuk asal pernikahan yang dikehendaki Allah (ay. 4-6), bahwa sejak awal, pernikahan bersifat monogami, antara seorang pria dan seorang perempuan (Kej 1:27; 5:2). Yesus juga menegaskan bahwa pernikahan menjadikan laki-laki dan perempuan "satu tubuh". Maka, perkawinan bersifat ekslusif, permanen, dan tidak terceraikan.
 
 Dalam selebrasi perkawinan, suami isteri "telah dipersatukan Allah" (ay. 6) Allah terlibat dalam perkawinan, menjadi saksi dan sekaligus kasih-Nya mengikat keduanya (1Yoh 4:8). Keluarga adalah satu-satunya lembaga sosial yang ditetapkan Allah. Kemampuan mengatur keluarga adalah pijakan untuk mengatur lembaga masyarakat yang lebih besar. Karena itu, perceraian adalah tindakan melawan kehendak Allah.

 Bagi orang Inggris, roti tawar yang hambar itu adalah makanan wajib setiap hari. Demikian juga, suami isteri menjadi pasangan hidup yang biasa-biasa saja setiap hari, namun setia melwati suka-duka, untung-malang, sehat-sakit. Cinta tak lagi hanya perasaan yang menggebu-gebu tapi lebih merupakan kehendak, penerimaan, pengertian apa adanya, serta kesetiaan dalam perbedaan dan kesulitan. Karena itu, "Apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia" (ay. 6). Setialah dalam perkawinan, sehidup semati. (CAFE ROHANI)
  
Gereja menegaskan kembali praktik yang berdasarkan Kitab Suci, yakni tidak mengizinkan mereka yang bercerai dan kawin lagi untuk menyambut komuni (St. Yohanes Paulus II).

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy