| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Surat Gembala Arah Dasar 2012 Keuskupan Surabaya: TAHUN ORANG MUDA KATOLIK DAN KERASULAN KITAB SUCI

Surat Gembala ArDas 2013.
TAHUN “ORANG MUDA KATOLIK DAN KERASULAN KITAB SUCI”
Bagi Umat Katolik Keuskupan Surabaya
dibacakan di semua gereja dan kapel di seluruh wilayah Keuskupan Surabaya, tanggal 5 - 6 Januari 2013
Saudara-saudari seluruh Umat Keuskupan Surabaya yang saya cintai, kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai Saudara sekalian.
Kita baru saja melewati tahun 2012 dan kini memasuki tahun 2013, tahun keempat dalam menjalankan Arah Dasar Keuskupan Surabaya. Saya menyampaikan apresiasi sedalam-dalamnya kepada para Romo Paroki, pengurus DPP-BGKP, Imam, Biarawan-biarawati, Katekis, seluruh insan pemerhati pastoral dan kelompok kelompok kategorial, serta seluruh Umat Allah di seluruh Keuskupan Surabaya yang telah berupaya dengan kesungguhan dan penuh semangat mengimplementasikan semangat Ardas.Sepanjang tahun 2012, yang merupakan Tahun Remaja dan Liturgi, sungguh telah tampak antusiasme umat untuk semakin memahami, mendalami, dan merayakan Liturgi secara baik dan benar serta mulai berkembang pemahaman akan pentingnya pendampingan bagi para remaja secara serius. Bersama dengan kemajuan ini, secara rendah hati kita juga menyadari bahwa ada beberapa hal yang masih perlu dikembangkan, yaitu:
  1. Komitmen para penggerak pastoral (mulai dari para imam, DPP dan BGKP) untuk mewujudkan habitus pastoral baru yang terencana dan bertanggungjawab dengan dijiwai semangat Ardas. Untuk itu, mulai tahun ini sudah disediakan buku penunjang bagi perencanaan dan pelaksanaan program kegiatan di setiap bidang pastoral.
  2. Proses pembatinan Ardas di semua jenjang, kelompok kategorial, dan bidang- bidang pastoral.
  3. Konsolidasi tim pastoral di tingkat kevikepan agar semangat Ardas dapat diwujudkan secara dinamis, sinergis, dan efektif oleh paroki-paroki dalam wilayah kevikepan yang sama. Untuk itu sangatlah penting melakukan koordinasi pastoral serumpun di tiap kevikepan.Dalam kesempatan ini, saya ingin menyegarkan kembali komitmen kita sesuai Ardas Keuskupan Surabaya, bahwa pada tahun 2013 fokus perhatian pastoral kita adalah Orang Muda Katolik dan Kerasulan Kitab Suci.
Oleh karena itu, tiga hal ingin saya sampaikan:
Pertama, secara khusus saya ingin menyapa seluruh kaum muda katolik di Keuskupan Surabaya. Kalian adalah generasi penerus Gereja. Saya mengajak kalian untuk membuka dan mengembangkan diri agar menjadi pribadi yang memiliki ketangguhan untuk belajar dan berlatih serta keberanian untuk berbagi dan berkorban. Hal ini bisa terjadi jikalau kalian mau melibatkan diri dalam kehidupan menggereja dan bermasyarakat. Godaan dan tantangan dunia saat ini tidaklah ringan, tetapi kalian tidak pernah ditinggalkan sendirian. Oleh sebab itu, pupuklah iman kalian dalam kesatuan dengan Gereja.Kepada Anda, para orang tua, marilah kita mendorong kaum muda kita untuk mengikuti pelbagai pelatihan dan pembinaan yang mengembangkan pribadi mereka. Berilah kepercayaan kepada Orang Muda Katolik untuk semakin terlibat dalam kehidupan menggereja dan bermasyarakat. Tidak kalah pentingnya, jadilah teladan iman dan kedewasaan hidup bagi kaum muda kita.
Kedua, sebagai orang beriman, Sabda Tuhan adalah pelita bagi langkah hidup kita. Melalui Kitab Suci kita mendengar, mengenal, dan mencintai Allah. Sebab seperti dikatakan oleh St. Hironimus, jika kita tidak mengenal Kitab Suci maka kita tidak mengenal Kristus (DV 25). Melalui Kitab suci, kita mengenal perkataan dan perbuatan Allah yang menyatakan diri-Nya dalam sejarah keselamatan. Allah yang tidak kelihatan itu (Kol 1:15; 1Tim 1:17) menyapa kita sebagai sahabat-sahabat-Nya (Yoh 15:14-15), mengundang, dan menyambut kita dalam persekutuan dengan-Nya melalui Yesus Kristus.
Pada tahun ini, marilah kita semakin menumbuhkan dan meningkatkan minat, memperluas pemahaman, dan memperdalam cinta akan Kitab Suci. Hal ini bisa diwujudkan dengan mengembangkan kuantitas dan kualitas Kerasulan Kitab Suci. Pada akhirnya kita berharap, bahwa sebagai orang Kristiani kita mampu menjadi pelaku Sabda Tuhan karena mengalami kegembiraan yang berasal dari iman akan Yesus Kristus sebagaimana diwartakan dalam Kitab Suci.
Ketiga, dalam kebersamaan dengan gerak Gereja universal, tahun 2013 juga dicanangkan sebagai Tahun Iman. Semoga gerakan itu membuat kita semakin mampu memahami dan menghidupi ajaran iman kita dengan lebih bertanggungjawab. Bapa Suci mengingatkan bahwa Gereja memiliki sarana yang cukup untuk sampai pada tujuan itu, yakni melalui Kitab Suci dan Tradisi penerusan iman oleh kuasa mengajar gereja (Magisterium). Oleh sebab itu, sekali lagi saya mengajak segenap Umat di Keuskupan Surabaya untuk mendalami Kitab Suci dan Katekismus Gereja Katolik sebagai bantuan agar iman kita semakin bertumbuh, berkembang, berbuah, dan bertahan sampai akhir (KGK 162).Umat Keuskupan Surabaya yang terkasih, bersama surat gembala ini, tersedia pula bagi Anda teks Doa Tahun “Orang Muda Katolik dan Kerasulan Kitab Suci”. Teks doa ini hendaknya didoakan bersama sepanjang tahun 2013 yang merupakan Tahun “Orang Muda Katolik dan Kerasulan Kitab Suci”. Dengan doa ini kita memohon rahmat Allah agar kita dimampukan untuk menjaga dan mengobarkan semangat yang sama dan dalam jalinan kerjasama di antara kita mewujudkan Ardas Keuskupan Surabaya.Dengan kepercayaan akan penyertaan Santa Maria, Bunda Gereja, kita pun memohon doa dan perlindungannya. Semoga Bunda Maria selalu mendampingi kita dalam mewujudkan Gereja Keuskupan Surabaya sebagai persekutuan murid-murid Kristus yang semakin dewasa dalam iman, guyub, penuh pelayanan, dan misioner.
Akhir kata, saya mengucapkan Selamat Natal 2012 dan Tahun Baru 2013.Berkat Tuhan melimpah bagi Anda sekalian.
Surabaya, 20 Desember 2012
Msgr. Vincentius Sutikno Wisaksono
Uskup Keuskupan Surabaya
---------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------
DOA ARDAS KEUSKUPAN SURABAYA
(Tahun 2013 sebagai Tahun ORANG MUDA KATOLIK dan KERASULAN KITAB SUCI)
Ya Bapa, kami bersyukur atas penyertaan-Mu memasuki tahun keempat bersama Arah Dasar yang Kau limpahkan, untuk mewujudkan Gereja Keuskupan Surabaya sebagai persekutuan murid-murid Kristus yang semakin dewasa dalam iman, guyub, penuh pelayanan dan misioner; menuju kehidupan yang berkelimpahan.
Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Sang Sabda yang telah menjadi manusia dan tinggal di antara kami; Firman-Mu adalah pelita bagi langkah hidup kami. Melalui Kitab Suci kami mendengar, mengenal dan mencintai Engkau. Mulai tahun ini kami hendak mengembangkan kuantitas dan kualitas kerasulan Kitab Suci. Semoga kami semakin tergerak meningkatkan minat, memperluas pemahaman, memperdalam cinta, dan menjadi pelaku setiaatas firman-Mu.
Ya Roh Kudus, Engkaulah Roh pemelihara dan pembimbing keberlangsungan Gereja. Dari generasi ke generasi Kau panggil orang muda sebagai penerus Gereja yang tangguh dan berintegritas. Kami menyadari godaan dan tantangan orang muda sebagai penerus Gereja tidaklah ringan. Curahkanlah api semangat-Mukepada Orang Muda Katolik agar memiliki ketangguhan dalam belajar dan berlatihserta keberanian berbagi dan berkorban. Semoga orang tua berani mempercayai dan mendorong Orang Muda Katolik untuk terlibat dalam kehidupan menggereja dan bermasyarakat.
Dengan penyertaan Bunda Maria, dalam Tahun Orang Muda dan Kerasulan Kitab Suci ini, kami memohon agar semakin banyak orang peduli dan tergerak dalam Kerasulan Kitab Suci dan pendampingan Orang Muda di Keuskupan Surabaya demi Kristus Penyelamat kami.
Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy