| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Selasa, 28 Agustus 2012 Peringatan Wajib St. Agustinus, Uskup dan Pujangga Gereja

Selasa, 28 Agustus 2012
Peringatan Wajib St. Agustinus, Uskup dan Pujangga Gereja

“Lambat aku mencintai Engkau! Sebab sesungguhnya Engkau ada di dalam, dan aku ada di luar; dan aku mencari Engkau di luar, pada barang-barang menarik yang Engkau buat” (St. Agustinus)


Antifon Pembuka (Sir 15:5)


Ia membuka mulutnya di tengah umat. Roh kebijaksanaan dan pengetahuan dilimpahkan Tuhan ke dalam hatinya. Ia dihiasi semarak kemuliaan.


Doa Pagi


Terpujilah Engkau, ya Tuhan, yang telah menarik kembali St. Agustinus dari lembah kesesatan. Kauselamatkan dia berkat Roh yang menguduskan, membarui dan memimpin kepada kebenaran. Bimbinglah aku dalam kuasa Roh Kudus-Mu agar aku dapat membedakan dengan tepat dan cermat ajaran-ajaran yang benar dan yang palsu dan menyesatkan. St. Agustinus, doakanlah aku. Amin.


Rupanya umat di Tesalonika sedang mendapatkan ‘surat palsu’ yang berisi tentang datangnya hari Tuhan (kiamat). Paulus minta agar umat tetap berpegang pada ajaran yang telah disampaikan. Dalam kondisi terombang-ambing oleh aneka ajaran dan opini, berpegang pada ‘dogma’ adalah sikap yang paling aman.


Bacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Jemaat di Tesalonika (2:1-3a.13b-17)


Saudara-saudara, tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan berkumpulnya kita dengan Dia, kami minta kepadamu, jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh kabar atau surat yang dikatakan berasal dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba. Hendaknya kalian jangan sampai disesatkan orang dengan cara bagaimana pun juga. Allah dari mulanya telah memilih kalian untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kalian dan dalam kebenaran yang kalian percayai. Untuk itulah Ia telah memanggil kalian lewat Injil yang kami wartakan, sehingga kalian dapat memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita. Sebab itu berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kalian terima dari kami baik secara lisan, maupun secara tertulis. Semoga Tuhan kita Yesus Kristus dan Allah, Bapa kita, menghibur dan memperkuat hatimu dalam segala karya dan tutur kata yang baik. Sebab Allah mengasihi kita, Ia memberi kita hiburan abadi dan harapan baik karena kasih karunia-Nya.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan

Ref. Tuhan akan datang menghakimi dunia dengan adil.
Ayat. (Mzm 96:10-13)

1. Katakanlah di antara bangsa-bangsa, “Tuhan itu Raja! Dunia ditegakkan-Nya, tidak akan goyah. Ia akan mengadili bangsa-bangsa dalam kebenaran.”
2. Biarlah langit bersukacita dan bumi bersorak-sorai, biar gemuruhlah laut serta segala isinya; biarlah beria-ria padang dan segala yang ada di atasnya, dan segala pohon di hutan bersorak-sorai.
3. Biarlah mereka bersukacita di hadapan Tuhan, sebab Ia datang, sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kesetiaan-Nya.

Bait Pengantar Injil

Ref. Alleluya
Ayat. Sabda Allah itu hidup dan penuh daya, menguji segala pikiran dan maksud hati. Alleluya.

Yang terpenting dalam hukum Taurat adalah keadilan, belas kasih dan kesetiaan. Menghayati ketiga hal tersebut, serupa dengan membersihkan cawan dan pinggan kehidupan kita yang ada di sebelah dalam. Jika setiap tindakan ritual keagamaan didasari oleh ketiga nilai tersebut, maka kehidupan agama menjadi lebih mendarat, karena ketiganya menyangkut hubungan dengan sesama. Agama yang mengabaikan hal tersebut, hanyalah kedok kemunafikan.


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (23:23-26)


Pada waktu itu Yesus bersabda, “Celakalah kalian, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kalian orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kalian bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kalian abaikan, yaitu keadilan, belas kasih dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan, tetapi yang lain jangan diabaikan. Hai kalian pemimpin-pemimpin buta, nyamuk kalian tepiskan dari minumanmu tetapi unta di dalamnya, kalian telan. Celakalah kalian, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kalian orang-orang munafik, sebab cawan dan pinggan kalian bersihkan sebelah luarnya, tetapi sebelah dalamnya penuh rampasan dan kerakusan. Hai orang-orang Farisi yang buta, bersihkanlah dahulu sebelah dalam cawan itu, maka sebelah luarnya juga akan bersih.”

Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan


Yesus mengecam ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi karena tidak mampu membedakan mana yang utama dan mana yang sampingan. Mereka hanya mau menampilkan sisi luar tapi dalamnya mereka tidak pedulikan. Kecaman Yesus ini menjadi bahan pelajaran bagi kita. Integritas diri harus kita perhatikan. Itulah keselarasan antara sikap batin dan ungkapan lahiriah kehidupan.


Doa Malam


Yesus tumpuan hidupku, semoga kekuatan ilahi-Mu yang mengalir dalam hatiku melalui santapan Ekaristi menghancurleburkan benih-benih kemunafikan dalam diriku. Jadikanlah diriku cawan dan pinggan yang bersih luar dalam, supaya layak menjadi tempat kediaman-Mu sebagai sibori yang hidup. Amin.


RUAH

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy