| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Jumat, 21 Oktober 2011 Hari Biasa Pekan XXIX

Jumat, 21 Oktober 2011
Hari Biasa Pekan XXIX

“Setelah kita menerima perintah untuk mencintai Tuhan, kita juga diberi kuasa untuk mencintai” (St. Basilius Agung)


Antifon Pembuka

Aku ini kepunyaan-Mu, selamatkanlah aku, sebab aku mencari titah-titah-Mu.

Doa Pagi


Tuhan, hari baru ini menanti untuk terlewati bersama-Mu. Sering aku mengalami kejenuhan dan kebosanan, tetapi aku yakin bahwa Engkau senantiasa menyertai perjalanan hidupku karena aku tahu, Engkau telah memulai dalam hidupku dan Engkau pula yang akan menyelesaikannya. Amin.

Roh itu memang kuat tapi daging lemah. Kehendak untuk melakukan yang baik dan benar sangat kuat, tapi seringkali kelemahan daging menghambatnya. Kecenderungan untuk melakukan kejahatan lebih dominan daripada kebaikan. Semangat pertobatan akan mengubah kecenderungan ini. Kekuatan Kristus membarui segalanya. Paulus bersyukur sudah mengalaminya.


Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma (7:18-25a)

"Siapakah yang akan melepaskan daku dari tubuh maut ini?"

Saudara-saudara, aku tahu, tiada sesuatu yang baik dalam diriku sebagai manusia. Sebab kehendak memang ada dalam diriku, tetapi berbuat baik tidak ada. Sebab bukan yang baik seperti yang kukehendaki, yang kuperbuat, melainkan yang jahat yang tidak kukehendaki. Jadi jika aku berbuat yang tidak kukehendaki, maka bukan aku lagi yang memperbuatnya, melainkan dosa yang diam dalam diriku. Jadi dalam diriku kudapati hukum berikut: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, malah yang jahatlah yang ada padaku. Sebab dalam batinku aku memang suka akan hukum Allah, tetapi dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain yang berjuang melawan hukum akal budiku dan membuat aku menjadi tawanan hukum dosa yang ada dalam anggota-angota tubuhku. Aku ini manusia celaka. Siapakah yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini? Syukur kepada Allah! Dialah Yesus Kristus, Tuhan kita!
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku, ya Tuhan.

Ayat. (Mzm 119:66.68.76.77.93.94; Ul: 68b)
1. Ajarkanlah kepadaku kebijaksanaan dan pengetahuan yang baik, sebab aku percaya pada perintah-perintah-Mu.
2. Engkau baik dan murah hati: ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.
3. Biarlah kiranya kasih setia-Mu menjadi penghiburanku sesuai dengan janji yang Kauucapkan kepada hamba-Mu.
4. Biarlah rahmat-Mu turun kepadaku, sehingga aku hidup, sebab Taurat-Mulah kegemaranku.
5. Untuk selama-lamanya aku tidak melupakan titah-Mu, sebab dengan itu Engkau menghidupkan aku.
6. Aku ini kepunyaan-Mu, selamatkanlah aku, sebab aku mencari titah-titah-Mu.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, sebab misteri kerajaan Kaunyatakan kepada orang kecil.


Hidup manusia itu harus seimbang. Pandai dan pintar saja tidak cukup, ia juga harus bijaksana. Kepandaian mudah disalahgunakan untuk memperdaya sesamanya, terlebih yang kecil dan tak berdaya. Sedangkan orang bijaksana akan mampu menghormati orang lain sebagai sesama yang kecil di hadapan Tuhan. Ia akan mampu mengampuni dan berdamai dengan sesamanya.


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (12:54-59)

"Kalian tahu menilai gelagat bumi dan langit, tetapi mengapa tidak dapat menilai zaman ini?"

Pada suatu ketika Yesus bersabda kepada orang banyak, “Apabila kalian melihat awan naik di sebelah barat, segera kalian berkata, ‘Akan datang hujan’. Dan hal itu memang terjadi. Dan apabila kalian melihat angin selatan bertiup, kalian berkata, ‘Hari akan panas terik’. Dan hal itu memang terjadi. Hai orang-orang munafik, kalian tahu menilai gelagat bumi dan langit, tetapi mengapa tidak dapat menilai zaman ini? Dan mengapa engkau tidak memutuskan sendiri apa yang benar? Jika engkau dengan lawanmu pergi menghadap penguasa, berusahalah berdamai dengan dia selama di tengah jalan. Jangan sampai ia menyeret engkau kepada hakim dan hakim menyerahkan engkau kepada pembantunya, dan pembantu itu melemparkan engkau ke dalam penjara. Aku berkata kepadamu, ‘Engkau takkan keluar dari sana, sebelum melunasi hutangmu’.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan


Manusia mengenal perubahan cuaca dari arah angin. Lewat ungkapan itu, Yesus meminta para pendengar-Nya agar juga mampu membaca tanda-tanda zaman lewat kedatangan dan kehadiran-Nya di tengah mereka. Mereka perlu menyadari bahwa mereka bagaikan orang-orang yang diseret ke pengadilan. Orang bijaksana tentu berusaha untuk menyelesaikan perkaranya dari jauh-jauh hari sebelum saat pengadilan tiba. Orang bijaksana akan bertobat dan membarui kehidupannya sebelum saat penghakiman tiba.

Doa Malam


Tuhan, terimalah syukur dan terimakasih kami, juga kegagalan dan keberhasilan kami hari ini. Ampunilah kami karena sering terlalu jauh menilai apa saja yang kami lihat dan rasakan. Ajarilah kami untuk bersikap rendah hati untuk menghadapi segala sesuatu dengan hati yang tulus. Amin.


RUAH

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy